Sekolah Adiwiyata Mandiri

Penghargaan ini diperoleh dengan perjuangan yang begitu panjang, yang diawali perjuangan memperoleh Adiwiyata Kabupaten Maros tahun 2013 ,Adiwiyata Provinsi Sulawesi Selatan,Adiwiyata Nasional tahun 2015 yang pada akhirnya di tahun 2017 memperoleh penghargaan Adiwiyata Mandiri. Hal ini diperoleh atas kerjasama semua pihak baik sekolah itu sendiri maupun dari pihak lain termasuk partisipasi dari komite sekolah, partisipasi orang tua, pihak swasta dan lainnya.

Sekolah adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.


Tujuan Sekolah Adiwiyata

Menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.


Kegiatan utama diarahkan pada terwujudnya kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Disamping pengembangan norma-norma dasar yang antara lain: kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam.


Serta penerapan prinsip dasar yaitu: partisipatif, dimana komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran; serta berkelanjutan, dimana seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komperensif.

Visi Sekolah

Dulang Prestasi, Santun Berbudaya,  Mantap dalam Iman dan Peduli Lingkungan

MISI SEKOLAH

  1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif untuk mengoptimalkan/meningkatkan prestasi belajar

  2. Memasyarakatkan dan mengembangkan olahraga permainan

  3. Meningkatkan kemampuan/keahlian guru dan tenaga kependidikan

  4. Menanamkan rasa cinta terhadap seni dan budaya bangsa

  5. Menumbuhkan dan memantapkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai agama

  6. Melaksanakan shalat dhuhur secara berjamaah

  7. Menata lingkungan sekolah dengan baik, bersih, rindang dan asri

  8. Memelihara dan melestarikan tumbuh-tumbuhan dan hewan yang ada disekitarnya

  9. Mengembangkan keterampilan untuk menunjang kecakapan hidupnya (life skill)

  10. Melengkapi sarana dan prasarana untuk menunjang proses pembelajaran yang berwawasan lingkungan

  11. Berperan aktif dalam melestarikan lingkungan, mencegah pencemaran, dan kerusakan lingkungan