Absen Digital

https://absensi-smpn5mandai.glideapp.io/

Salah satu inovasi UPTD SMPN 5 Mandai  adalah Absen Digital yang dilaunching bersama oleh Bupati Maros ( H.A.S.Chaidir Syam, S.IP.,MH. pada Hari Kamis, 05 Agustus 2021 di UPTD SMPN 16 Mandai)

Pada umumnya, absensi masih dilakukan menggunakan fingerprint atau pencatatan secara manual yang dipasang di sekolah . Penggunaan fingerprint ini dilakukan ketika Guru dan Pegawai  hadir dan pulang dari kantor.

Akan tetapi perkembangan tehnologi yang semakin pesat membuat beberapa sekolah menjadi beralih ke absensi online (Digital) termasuk SMPN 5 Mandai 

Cara Mengisi Daftar Hadir

1. Buka Aplikasi Absen di HP

2. Pilih Absen Guru Atau Pegawai

3. Isi Daftar Hadir (Nama, Status Absensi,Keterangan,Foto dan Lokasi)

4. Klik Centang pada bagian atas kanan (Data Tersimpan)

Absensi merupakan hal wajib ada  di Sekolah

Hal ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan Guru dan Pegawai dalam bekerja. Tujuan lain dari absensi adalah untuk meningkatkan kedisiplinan Guru dan Pegawai, mengetahui keaktifan Guru dan Pegawai serta sebagai bahan laporan. 

Dengan adanya absensi Sekolah jadi lebih mengetahui siapa saja Guru dan Pegawai  yang rajin masuk kerja dan datang lebih awal serta siapa saja Guru dan Pegawai  yang seringkali terlambat bekerja. Dengan begitu Sekolah akan lebih mudah dalam melakukan evaluasi kepada para Guru dan Pegawainya. Selain itu, dengan adanya absensi ini dapat membantu meningkatkan mutu dari Sekolah itu sendiri. 

Absensi  digital akan menyimpan data absensi secara otomatis tanpa perlu melakukan rekapitulasi. Selain itu, data absensi yang telah masuk dapat diakses di mana pun dan kapan pun, dengan catatan  tetap terhubung dengan jaringan internet. 

Dengan software berbasis cloud dalam memanajemen data absensi Guru dan Pegawai ini, absensi online dapat melakukan tracking pegawai berdasarkan lokasi (GPS) dan face recognition, serta bisa mencatat jam kerja secara realtime juga memantau aktivitas kehadiran Guru dan Pegawai dengan efektif dan efisien. 

TEKNOLOGI ADALAH TOOLS, HANYA SUATU ALAT BUKAN SEGALANYA

-NADIEM MAKARIEM-

‘KUASAILAH TEKNOLOGI UNTUK MEMBANTU ORANG LAIN,

BUKAN UNTUK MENGUASAI ORANG LAIN’