Workshop “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT Dan Sosialisasi Sekolah Penggerak”

Workshop ini dilaksanakan pada Tanggal 22-25 Juni 2021 dengan materi Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT

Proses belajar mengajar (PBM) seringkali dihadapkan pada materi yang abstrak dan  di  luar  pengalaman  siswa  sehari-hari,  sehingga  materi  ini  menjadi  sulit diajarkan guru dan sulit dipahami siswa. Berbagai materi yang berkaitan dengan sejarah masa lalu akan lebih konkrit dan mudah dipahami apabila disampaikan oleh guru dengan gambar-gambar foto, film dokumenter, atau animasi.Visualisasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengkonkritkan sesuatu yang abstrak menjadi  media  pembelajaran  berbasis  IT

Media pembelajaran dapat merupakan wahana penyalur pesan dan informasi belajar.Media pembelajaran yang dirancang secara baik akan sangat membantu peserta didik dalammencerna dan memahami materi pelajaran. Di era globalisasi dan informasi ini,perkembangan media pembelajaran juga semakin maju. Penggunaan Teknologi Informasi(TI) sebagai media pembelajaran sudah merupakan suatu tuntutan.

Pada Workshop ini Media Pembelajaran yang dibuat adalah Video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Camtasia, dan LKPD Interaktif (worksheet)

Sosialisasi Sekolah Penggerak

Sekolah Penggerak

Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

Guru Penggerak

Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid. Guru Penggerak menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta mengembangkan program kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Untuk menjadi Guru Penggerak, Guru harus mengikuti proses seleksi dan pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan. Selama proses pendidikan, calon Guru Penggerak akan didukung oleh Instruktur, Fasilitator, dan Pendamping yang profesional.

One thought on “Workshop “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT Dan Sosialisasi Sekolah Penggerak”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *